1
2
3
4
5
6
7
8
9
0
Hapus
Mengapa saya perlu memasukkan nomor resi dan bagaimana cara melakukannya?

Berikut merupakan beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh setelah memasukkan nomor resi ke dalam sistem Shopee:

  • Pesanan Anda akan terhindar dari fitur auto-cancellation. Fitur "Auto-Cancellation" adalah pembatalan pesanan secara otomatis oleh sistem Shopee apabila penjual tidak klik 
  • Dengan memasukkan nomor resi maka Anda juga memberikan sinyal kepada pembeli bahwa pesanan telah dikirim. Status pesanan akan berpindah dari tab ke
  • Anda dan juga pembeli dapat dengan mudah melakukan pelacakan atas pengiriman yang dilakukan oleh ekspedisi terkait hanya dari aplikasi Shopee

Jika Anda sedang berpartisipasi dalam program subsidi ongkir Shopee, memasukkan nomor resi yang valid juga adalah salah satu ketentuan untuk mendapatkan pengembalian biaya pengiriman.

Status pesanan Anda akan berubah ke dan pelepasan dana Anda akan dapat lebih cepat ketika paket sudah dikonfirmasi terkirim oleh jasa pengiriman. Silahkan klik Status Pengiriman untuk memeriksa status pengiriman pesanan Anda.


Anda dapat memasukkan nomor resi Anda melalui berbagai cara:

1. Scan resi di aplikasi Shopee melalui ponsel Anda

2. Masukkan no. resi secara manual ke aplikasi Shopee melalui ponsel Anda

3. Masukkan no. resi di Shopee Seller Centre melalui komputer Anda

4. Sistem Resi otomatis dengan  (JNE Online Booking) (Khusus untuk jasa kirim JNE)


1. Scan resi melalui ponsel Anda

Setelah scan, mohon cek dan pastikan bahwa nomor resi sudah sesuai dengan resi fisik Anda. Untuk beberapa resi dengan barcode yang kurang sensitif, kami anjurkan Anda untuk melakukan pengulangan scan di tempat yang terang agar mendapatkan hasil yang optimal.


2. Masukkan no. resi secara manual

Anda juga dapat memasukkan nomor resi tersebut secara manual dengan mengetik langsung ke dalam aplikasi.



Contoh untuk JNE



Contoh untuk Pos Kilat Khusus


3. Masukkan no. resi di Shopee Seller Centre

Anda juga dapat memasukkan nomor resi melalui Shopee Seller Centre kami di https://seller.shopee.co.id/.


Contoh untuk JNE


Contoh untuk Pos Kilat Khusus


4. Resi otomatis dengan JOB (khusus untuk jasa kirim JNE)

Jika Anda menggunakan  (JNE Online Booking), nomor resi pengiriman tidak perlu dimasukkan ke dalam aplikasi Shopee. Anda hanya cukup mencetak tiket JOB tersebut dan menyerahkannya ke agen JNE saat melakukan pengiriman barang. Informasi pengiriman akan langsung diunggah ke sistem JNE dan Anda dapat melacak pesanan Anda dalam aplikasi Shopee.



Catatan: Ketidakakuratan status pengiriman pesanan yang diberikan langsung oleh sistem penyedia jasa pengiriman merupakan tanggung jawab dari penyedia jasa pengiriman. Namun kami dapat membantu Anda mengkonfirmasi status pengiriman tersebut dengan penyedia layanan jasa kirim jika Anda membutuhkan bantuan.

Ada pertanyaan lainnya?
Email
support@shopee.co.id
Panggil
1500702
Layanan Pelanggan 24 Jam, Senin s/d Minggu, termasuk Hari Libur Nasional.